Artikel Tentang Teknologi Informasi, Pemrograman, Game dan Jaringan Komputer. Baik itu pemrogram komputer, website dan juga android. Blog ini berisi sedikit konten entertainment, internet bisnis.

Sejarah dan Pengenalan PHP

 

Sejarah dan Pengenalan PHP

coretsiniaja.blogspot.com - Halo apa kabar para pembaca yang budiman, semoga hari ini anda diberikan kesehatan dan kesejahteraan selalu oleh Tuhan. Aamiin.

images-1308883649.pngSaya pemilik web ini mengucapkan terima kasih karena anda mau berkunjung di website saya yang sederhana ini, dan mau membaca artikel pertama saya ini. Baik, tanpa basa-basi lagi saya akan melanjutkan tulisan ini sesuai dengan judul yang tertulis di atas.

PHP pada awalnya memiliki kepanjangan Personal Home Page (Situs Personal) yang dikembangkan oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995 dan hanya digunakan untuk mengolah data formulir. Saat itu PHP masih bernama Form Interpreted (FI).

Pada tahun 1997 dirilis PHP/FI 2.0, dimana sudah diimplementasikan dalam program C, kemudian pada tahun 1999 zend menulis intrepeter PHP baru dan dikenal dengan PHP 4.0 dan versi inilah yang paling digunakan pada awal abad 21 karena memiliki kecepatan dan stabilitas yang tinggi dalam membangun website. Perubahan inti intepreter paling besar yang dilakukan oleh zend adalah pada tahun 2004 disebut dengn versi 5.0, dimana pada saat itu paradigma pemrograman mengarah kepada pemrograman berorientasi objek. Sehingga zend juga memasukkan model Pemrograman Berorientasi Objek. Dan sampi saat ini PHP sudah memasuki versi 7.4.

Anda juga bisa membaca artikel lainnya di : Tipe data dibahasa pemrograman PHP.

Memasuki era dimana sistem informasi yang begitu cepat, bahasa pemrogrman PHP saat ini mampu mengimbangi kecepatan, bukan hanya dari segi kecepatan saja tetapi perkembanganya juga dapat mengikuti perkembangan teknologi saat ini. Tak sedikit aplikasi kecerdasan buatan yang dibuat menggunakan bahasa PHP, pengembangan aplikasi smartphone pun saat ini sudah bisa dikembangkan melalui bahasa pemrograman PHP.

Sintak Dasar Pemrograman PHP

A. Pembatas

Pada dasarnya kode PHP terdapat pembatas pembuka dan penutup, fungsinya agar sintak diluar pembatas ini tidak diproses oleh kode PHP. Pada umumnya penulisan pembatasa adalah seperti berikut : <?php dan ?>.

contoh :

<?php

.....

?>

B. Varibel

Variabel ditulis dengan simbol dolar "$"  dan bersifat case sensitif, juga pemberian tanda kutip ganda (") untuk tipe data string. Pada akhir variabel ditutup oleh tanda titik koma (;).

contoh :

$contoh_variable="ini contoh variabel";

C. komentar

Bahasa pemrograman PHP memiliki tiga bentuk komentar yaitu /* */, // dan #. Dengan menggunakan  sintak komentar maka, string dibelakang komentar tidak akan diproses atau tidak akan dianggap sebagai kode.

contoh:

  1. /* contoh komentar */
  2. // contoh komentar
  3. # contoh komentar.

Demikian artikel pertama dari saya, semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Terima kasih telah berkunjung. Untuk mendownload artikel ini, anda dapat klik link dibawah ini. 

Download artikel ini : pdf PENGENALAN PHP:Hypertext Preprocessing

0 Response to "Sejarah dan Pengenalan PHP"

Post a Comment