Artikel Tentang Teknologi Informasi, Pemrograman, Game dan Jaringan Komputer. Baik itu pemrogram komputer, website dan juga android. Blog ini berisi sedikit konten entertainment, internet bisnis.

Pengolah Bahasa Alami pada Struktur Bahasa Query Basisdata - Pengantar

Bahasa alami, merupakan bahasa yang digunakan oleh seseorang dalam kehidupannya sehari-hari, dengan kata lain jika bahasa yang digunakan oleh seseorang diseluruh dunia, maka bahasa alami memiliki berbagai ragam dialek ditiap daerah atau ditiap negara Maka akan timbul petanyaan, bagaimana mengolah bahasa alami menjadi bahasa query?
Dalam kasus seperti ini, pengolah bahasa alami menjadi bahasa query dapat dipecahkan dengan menggunakan langkah-langkah, guna memecah susunan kalimat dari bahasa alami menjadi sususan kalimat bahasa query.
Langkah-langkah tesebut adalah:
  1. Scanner, merupakan tahap paling awal berupa inputan.
  2. Parser, memilah kata-kata menjadi token (kata bermakna)
  3. Transalator, mengubah token menjadi susunan bahasa query.
  4. Evaluator, menentukan hasil akhir berdasarkan penggolongan query yang sudah dilakukan.
Dalam beberapa jurnal yang sudah saya baca, pengembangan aplikasi ini bisa menggunakan xml, sehingga dengan bahasa pemrograman lain, yang bersifat (OOP) pasti juga dapat digunakan dalam mengembangkan sistem pengolah bahasa alami. Selain itu, pola kalimat yang dimasukkan juga harus terpola, dengan kata lain pola yang dimasukkan mempunyai aturan produksi yang digunakan. Berarti jika ada aturan produksi yang digunakan pasti akan menimbulkan suatu syarat dan ketentuan yang berlaku untuk dapat menghasilkan jawaban yaitu "Aturan produksi harus sesuai dan tersedia".
Demikian pengantar dari Pengolah Bahasa Alami pada Struktur Bahasa Query.


0 Response to "Pengolah Bahasa Alami pada Struktur Bahasa Query Basisdata - Pengantar"

Post a Comment