Artikel Tentang Teknologi Informasi, Pemrograman, Game dan Jaringan Komputer. Baik itu pemrogram komputer, website dan juga android. Blog ini berisi sedikit konten entertainment, internet bisnis.

Membuat File dan Folder Dengan Script PHP

Tutorial di blog coretsiniaja.blogspot.com kali ini ialah mengolah file dengan menggunakan PHP. Apasih pentingnya membuat file melalui php? Ketika saya masih belajar tentang pemrograman website, memang saya juga berpikir membuat file melalui aplikasi php itu tidak penting, kenapa tidak membuat secara langsung lewat komputer kemudian kita upload? akan tetapi, ada beberapa kasus yang membuat mata saya terbuka dengan membuat file melalui aplikasi php. Contoh sederhana dari kasus tersebut adalah membuat file log suatu sistem. sistem log tersebut haruslah berjalan / menulis secara otomatis dari aplikasi yang dijalankan. baik berikut ini adalah script membuat file dan folder melalui aplikasi php.

MEMBUAT FOLDER BARU DARI APLIKASI PHP

Code dari aplikasi membuat folder adalah seperti pada gambar di bawah ini:


Jika dilihat dari code di atas, perintah membuat folder sebenarnya sama seperti perintah membuat folder di linux, yaitu dengan perintah mkdir , dan hasilnya bisa anda lihat pada gambar di bawah ini:



MEMBUAT FILE DENGAN APLIKASI PHP

Untuk membuat file melalui aplikasi web php pun tergolong mudah, contoh codenya terdapat pada gambar di bawah ini:

Perintahnya cukup sederhana, yaitu dengan menuliskan fopen ('namaFile.extensi','w');

 Sedangkan untuk menuliskan isi di dalam file tersebut anda bisa menggunakan perintah fputs contohnya codenya seperti dibawah ini:
<?php
$file= fopen('file_ex.txt','a');
fputs($file,'Tes');
fclose($file);
?>

Demikian tutorial tentang pengolahan file dengan php, semoga bermanfaat. Selamat melanjutkan aktivitas.







 

1 Response to "Membuat File dan Folder Dengan Script PHP"