Artikel Tentang Teknologi Informasi, Pemrograman, Game dan Jaringan Komputer. Baik itu pemrogram komputer, website dan juga android. Blog ini berisi sedikit konten entertainment, internet bisnis.

Mengatasi Error Website Karena Perbedaan Versi PHP

Pengalaman yang pernah saya alami ketika perpindahan sistem dari server lama (debian) ke server baru (ubuntu) dikarenakan server ubuntu mengalami error yaitu sistem pada server baru tidak mau berjalan. Beberapa hari saya otak-atik tidak ketemu juga, saya mengira awalnya karena ada pengaturan file .htacces yang tidak bekerja, saya lihat di dalam foldernya ternyata tidak ada file .htaccess. Saya pikir-pikir kembali tidak mungkin jika file .htaccessnya yang bermasalah karena sistem lain buatan saya normal. Akhirnya saya mencoba membuka file php.ini. Di server Debian maupun ubuntu file php.ini terletak pada folder /etc/php5/apache2/php.ini 

buka file php.ini ubah pada short_open_tag = Off ubah menjadi short_open_tag = On


kemudian restart apache dengan perintah /etc/init.d/apache2 restart

jalankan kembali sistem saya, eh ternyata sama saja. Pusing sudah kepala, apa saya mau benerin kodenya satu per satu? ah..capek deh...

tapi saya yakin pasti ada configurasi pada server yang saya lewatkan. Dengan berbekal setengah ngantuk di kantor akhirnya saya ingat, register_globals. ah kenapa tidak saya coba cek saja, siapa tahu masih Off, saya buka dan ternyata betul masih Off, setelah saya ganti menjadi On dan saya restart kembali, kemudian saya buka sistemnya dan teng...teng (lebay dikit) sistem kembali normal!

Caranya buka kembali file php.ini di /etc/php5/apache2/php.ini => nano /etc/php5/apache2/php.ini
cari register_globals = Off ganti dengan On


restart apachenya dan jalankan kembali.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. 😉

0 Response to "Mengatasi Error Website Karena Perbedaan Versi PHP"

Post a Comment