Artikel Tentang Teknologi Informasi, Pemrograman, Game dan Jaringan Komputer. Baik itu pemrogram komputer, website dan juga android. Blog ini berisi sedikit konten entertainment, internet bisnis.

Mengatasi Error Web Setelah Dist Upgrade Ubunt Serve 16.04


Assalamualaikum temen-temen semua, kali ini saya mau menulis tentang penanganan server, dimana web kita yang semula baik-baik saja menjadi error atau tidak bisa diakses setelah melakukan dist upgrade. Mungkin di antara pembaca ada yang berpikir, "kenapa harus di dist upgrade kalau server nya tidak bermasalah?". Mungkin saya akan sedikit bercerita tentang kejadian saya hari ini. Berikut kronologinya:
Pertama:
Php yang saya gunakan belum support php-gd, maka saya install php-gd nya, dan ternyata gagal. Setelah itu saya mencoba untuk upgrade, dan tenyata gagal juga.

Kedua:
Saya melakukan dist-upgrade agar saya dapat meng upgrade (apt-get upgrade), setelah selesai dan saya lanjutkan dengan upgrade, kali ini upgrade berhasil.

Ketiga:
Saya melakukan instal php-gd, ternyata masih gagal dengan error yang sama seperti pada kronologi pertama. setelah itu php saya restart.

Keempat:
Web saya tidak dapat dibuka kembali.

Nah dari sini saya putar otak kenapa bisa terjadi, jawaban kenapa saya tidak bisa menjelaskan secara detail. Kemudian saya mencoba untuk update versi phpnya. Jika proses ini tetap tidak berhasil maka jalan terakhir mungkin akan saya install ulang. Ternyata berhasil. Berikut adalah perintah untuk upgrade php 5 ke php 7

"apt-get install php7.0-mysql php7.0-curl php7.0-json php7.0-cgi php7.0 libapache2-mod-php7.0 php7.0-mcrypt"

(tanda petik dihilangkan)

Ketik perintah berikut ini kemudian enter:
a2disconf php7.0-fpm  

Langkah terakhir yaitu dengan menggunakan perintah di bawah ini:
systemctl restart apache2.service 

Dan akhirnya sistem bisa berjalan kembali. Selamat mencoba




0 Response to "Mengatasi Error Web Setelah Dist Upgrade Ubunt Serve 16.04"

Post a Comment