Artikel Tentang Teknologi Informasi, Pemrograman, Game dan Jaringan Komputer. Baik itu pemrogram komputer, website dan juga android. Blog ini berisi sedikit konten entertainment, internet bisnis.

Mengatasi Website Blank di Ubuntu Server 16.04


Assalamu'alaikum sobat sekalian, hari ini saya mau sharing sedikit tentang bagaiman cara mengatasi website menjadi blank di ubuntu 16.04, kasus ini sebenarnya masih terkait dengan posting saya sebelumnya, ketika saya memindahkan sistem baru ke server baru, dan ternyata harus banyak konfigurasi yang tidak pas.
Nah, kali ini yang bermasalah adalah ketika saya memindahkan beberapa aplikasi lama dengan menggunakan framework codeigniter v 2.x ternyata tampilan blank, ketika dilihat respon yang diberikan oleh browser hanya sebatas "500 Internal server error". Hari pertama saya ber asumsi bahwa file .htaccess nya lah yang bermasalah setelah saya hapus ternyata sama saja.
Hari kedua, saya belum mendapatkan jejak sama sekali, jalan satu-satunya ialah menampilkan error dari aplikasi tersebut.
langkah yang saya gunakan adalah sebagai berikut:
1. Buka file index.php pada aplikasi codeigniter.
2. Pada file index.php tersebut tambahkan code ini : 
    ini_set('display_errors',1);
3. Buka kembali aplikasi anda, maka akan terdapat informasi error dari program.

Setelah informasi error terbuka ternyata dbdriver pada codeigniter yang bermaslah maka ubahlah dbdriver nya yang semula :

$db['default']['dbdriver']="mysql";  menjadi  $db['default']['dbdriver']="mysqli";

Sekian dulu tulisan dari saya semoga bermanfaat dan selamat mencoba.😅

0 Response to "Mengatasi Website Blank di Ubuntu Server 16.04"

Post a Comment