Artikel Tentang Teknologi Informasi, Pemrograman, Game dan Jaringan Komputer. Baik itu pemrogram komputer, website dan juga android. Blog ini berisi sedikit konten entertainment, internet bisnis.

Membuat Menu dan Kategori Sendiri di Drupal

Ada yang tidak kenal dengan drupal? tentu sudah banyak yang tahu tentang CMS yang satu ini, drupal adalah sebuah CMS (Content Management System). tapi....drupal mempunyai beberapa keunggulan, yaitu anda bisa menambahkan modul sendiri, bahkan membuat halaman sendiri berdasarkan kreasi anda yang tentunya dengan menggunakan bahasa pemrograman php (Bagi anda yang sudah menguasai konsep Objact Oriented Programing untuk PHP). Tapi kali ini saya tidak membahas tentang itu. Saya akan membahasa tentang bagaimana membuat menu sendiri berdasarkan kategori. Karena ada beberapa permintaan dari sahabat saya, ya jadi akan sekalian saya tulis.
Baik, saya lanjutkan dengan tutorial kali ini. Cara membuat menu berdasarkan kategori di drupal sebenarnya tidak susah, karena di drupal sudah disediakan fasilitas tersebut. Fasilitas tersebut adalah dengan menggunakan TAXONOMY. hehe mudah bukan!!??
Nah untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti panduan saya.

1. Buka Structure -> Taxonomy->Add Vocabulary
isikan pada vocabulary sesuai dengan kebutuhan menu anda, contoh dari gambar diatas, saya membuat dengan Vocabulary Kategori.

2. Masih di Structur, kali ini pilih Content Type->Arcticle->Manage Field
Isikan nama Label pada Add new field, pada kasus saya, saya mengisikan dengan nama field_kategory, untuk field typenya pilih Term reference dan pada Widget pilih Check boxes/radio buttons. 
3. Buat term, buka Structure->taxonomy->list term atau add term isi form berdasarkan nama dan url aliasnya.



3. Yang terakhir, anda tinggal membuat menunya, buka pada Structure->menus. Pada Main menus->add link. anda tinggal mengisi form yang sudah ada disana.
untuk Path anda tinggal isikan url alias yang sudah anda isi.

Hasilnya nanti paling tidak seperti ini pada menu.
 dan jika anda mengisikan konten, maka kategori yang sudah kita buat akan nongkrong disitu kaya gini

Udah selesai, dengan begitu anda bisa bebas membuat menu dan kategori sendiri di drupal.... Selamat Berkreasi.... :D

0 Response to "Membuat Menu dan Kategori Sendiri di Drupal"

Post a Comment