Artikel Tentang Teknologi Informasi, Pemrograman, Game dan Jaringan Komputer. Baik itu pemrogram komputer, website dan juga android. Blog ini berisi sedikit konten entertainment, internet bisnis.

Pengenalan Etika Profesi


Etika, merupakan cabang ilmu filsafat (filsafat moral) yang membahas tentang batasan nilai dan norma dalam konteks sikap dan perilaku manusia yang terkait dengan perbuatan baik dan buruk, yang dikaji dan dipahami oleh manusia dengan menggunakan logika dan akal sehat (common sense). 

Tujuan mempelajari etika adalah untuk mendapatkan konsep yang sama mengenai penilaian yang menyangkut perilaku baik dan buruk berdasarkan standar kebenaran.

Pengertian baik yaitu, nilai positif yang mendatangkan manfaat, rasa aman dan bahagia kepada semua orang tanpa diskriminasi. 

Sedangkan buruk yaitu nilai negatif yang merugikan, bertantangan dengan norma-norma yang berlaku serta menimbulkan masalah, penderitaan bagi diri sendiri dan / atau orang lain.

Cara Penilaian baik dan buruk dapat dilakukan dengan melihat norma-norma yang berlaku, juga melibatkan dari unsur-unsur nilai yang lain. Misal
  1. Nilai-nilai agama.
  2. Nilai adat kebiasaan.
  3. Nilai hati nurani (intuisi).
  4. Nilai Evolusi Budaya.
  5. Nilai berdasarkan paham-paham tertentu.


0 Response to "Pengenalan Etika Profesi"

Post a Comment