Artikel Tentang Teknologi Informasi, Pemrograman, Game dan Jaringan Komputer. Baik itu pemrogram komputer, website dan juga android. Blog ini berisi sedikit konten entertainment, internet bisnis.

Pengenalan Sistem Pakar Bagian 2 : Komponen-komponen sistem pakar dan User Interface

Komponen-komponen Dalam Sistem Pakar

Sebuah program sistem pakar, terdiri dari komponen-komponen sebagai berikut:
  1. Basis Pengetahuan -> Merupakan inti dari suatu program sistem pakar dimana basis pengetahuan merupakan representasi dari pengetahuan seorang pakar.
  2. Basis Data -> Merupakan bagian yang mengandung fakta-fakta baik itu fakta yang didapat dari awal sistem beroperasi maupun pada saat pengambilan keputusan yang sedang dilaksanakan. Basis data ini biasanya tedapat pada memori komputer. Dan fungsi dari basis data ini digunakan untuk menyimpan hasil data observasi dan data lainnya yang dibutuhkan selama pengolahan.
  3. Mesin Inferensi -> Merupakan bagian yang mengandung mekanisme berpikir dan pola-pola penalaran sistem yang akan menganalisa suatu masalah tertentu dan selanjutnya akan mencari jawaban atau kesimpulan terbaik. Secara deduktif, mesin inferensi memilih pengetahuan yang relevan dalam rangka mencapai kesimpulan. Dengan sistem ini dapat menjawab pertanyaan pemakai meskipun jawaban tidak tesimpan di basis pengetahuan secara explisit. Mesin inferensi memulai pelacakan dari fakta-fakta yang ada dalam basis data.
Pelacakan basis data ada 2 macam:
  1. Pelacakan Maju / Ke depan(Forward Chaining) -> Pelacakan yang dimulai dari sekumpulan data menuju ke kesimpulan.
  2. Pelacakan ke belakang (Backward Chaining) -> Pelacakan yang dimulai dengan penalarannya dari sekumpulan hipotesa menju fakta-fakta yang mendukung hipotesa tersebut.
Kedua pelacakan basis data ini di pengaruhi oleh tiga macam teknik penelusuran:
  1. Dept-First-Search -> Melakukan penelusuran kaidah secara mendalam, dimulai dari simpul akar bergerak menuju tingkat dalam yang berurutan.
  2. Breadth-First-Search -> Bergerak dari simpul akar, simpul yang berada pada setiap tingkat diuji terlebih dahulu sebelum berpindah ke tingkat selanjutnya.
  3. Best-First-Search -> Bekerja berdasarkan kombinasi kedua metode sebelumnya.
Untuk suatu sistem pakar dengan basis data yang besar, maka penelusuran akan menjadi lambat, sehingga pada sistem pakar dengan basis data besar, biasanya menggunakan pelacakan ke belakang.

Antar Muka Pemakai (User Interface)

Antar muka pemakai ( user interface) merupakan penghubung antara program dengan pemakai. Dalam bagian ini, terjadi dialog antara program dengan pemakai, dimana program akan mengajukan pertanya berupa "Ya dan Tidak" dalam bentuk menu pilihan

0 Response to "Pengenalan Sistem Pakar Bagian 2 : Komponen-komponen sistem pakar dan User Interface"

Post a Comment