Artikel Tentang Teknologi Informasi, Pemrograman, Game dan Jaringan Komputer. Baik itu pemrogram komputer, website dan juga android. Blog ini berisi sedikit konten entertainment, internet bisnis.

Rumusan Masalah dan Hipotesis

Riset Teknologi Informasi: Rumusan Masalah

Rumusan Masalah adalah suatu proses menguraikan permasalahan dimulai dari permasalahan yang bersifat umum ke permasalahan yang bersifat lebih khusus.
Dengan perumusan masalah, ada banyak hal yang dapat kita urikan untuk menjawab dari permasalahan yang ada (Problem Steatment).

Hypotesis

Hipotesa merupakan jawaban sementara dari suatu masalah yang masih bersifat praduga karena masih perlu dibuktikan kebenarannya.
Ada dua tipe hipotesis, yaitu null hypothesis dan alternative hypothesis. Null hypothesis merupakan pendekatan tradisional di dalam menuliskan hipotesis.Penulis membuat prediksi-prediksi di mana tidak terdapat hubungan atau perbedaan di antara grup-grup dari variabel. Contoh:
Tidak ada hubungan antara latar belakang pendidikan petugas layanan masyarakat dengan tingkat kepuasan pelanggan.

Alternative hypothesis merupakan bentuk hipotesis yang banyak ditemukan di dalam makalah-makalah ilmiah. Penulis memprediksikan keluaran dari studi yang hendak dilakukan. Contoh:
Koneksi WiMAX akan menyediakan jaminan kualitas layanan yang lebih tinggi daripada koneksi WiFi.

Pertanyaan Riset

Pertanyaan Riset di Dalam Studi Kualitatif
Di dalam riset kualitatif, penulis umumnya mengemukakan pertanyaan riset. Pertanyaan riset terdiri dari pertanyaan utama yang diikuti oleh beberapa pertanyaan pendukung.

Pertanyaan Riset di Dalam Studi Kuantitatif
Di dalam riset kuantitatif, penulis mengemukakan pertanyaan riset atau/dan hipotesis untuk menjelaskan tujuan dari studi yang akan dilakukan. Pertanyaan riset adalah pernyataan interogatif atau pertanyaan yang hendak dicari jawabannya oleh penulis. Sedangkan hipotesis adalah prediksi mengenai hubungan antar variabel yang hendak dibuktikan oleh penulis menggunakan prosedur statistika. Penulis dapat memilih untuk mengemukakan pertanyaan riset atau hipotesis saja, kecuali jika hipotesis dibangun berdasarkan atau sekaligus untuk memperjelas pertanyaan riset.
Bagaimana kaitannya dengan penggunaan variabel?
  1. Penulis membandingkan (compare) sekumpulan variabel bebas untuk melihat pengaruhnya terhadap variabel tidak bebas
  2. Penulis menghubungkan (relate) satu/lebih variabel bebas terhadap variabel tidak bebas
  3. Penulis mendeskripsikan (describe) respon terhadap variabel bebas, variabel tidak bebas, atau variabel mediasi.



0 Response to "Rumusan Masalah dan Hipotesis"

Post a Comment