Artikel Tentang Teknologi Informasi, Pemrograman, Game dan Jaringan Komputer. Baik itu pemrogram komputer, website dan juga android. Blog ini berisi sedikit konten entertainment, internet bisnis.

Sistem Pakar: Modul Penyusunan Sistem Pakar dan Teknik Representasi Pengetahuan

Modul Penyusunan Sistem Pakar

Modul utama yang menyusun sistem pakar adalah :
  1. Modul Penerimaan Pengetahuan Knowledge Aquisition Mode. -> yaitu modul penerimaan pengetahuan-pengetahuan yang akan digunakan dalam pengembangan sistem dari seorang pakar, penerimaan pengetahuan dilakukan dengan bantuan knowledge engineer, dimana fungsi dai knowledge engineer merupakan penghubung antara sistem dengan pakarnya.
  2. Modul Konsultasi (Consultasion Mode) -> Suatu modul yang ber interaksi dengan sistem di saat user mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang di ajukan kepada sistem.
  3. Model Penjelasan (Explanation Mode) -> Modul ini menjelaskan proses pengambilan keputusan (Bagaimana suatu keputusan dapat diperoleh).

Struktur Sistem Pakar

Struktur sistem pakar sudah di bahas pada pembahasan sebelumnya "Pengenalan Sistem Pakar Bagian 2 : Komponen-komponen sistem pakar dan User Interface". 
Sturktur dari sistem pakar yaitu:
  1. Basis Pengetahuan.
  2. Mesin Inferensi.
  3. Basis Data.
  4. User Interface.

Teknik Representasi Pengetahuan

Inti dari sistem pakar, dimana representasi ini merupakan representasi dari pengetahuan seorang pakar. Adapun teknik representasi pengetahuan adalah sebagai berikut:
  1. Rule base knowledge -> Pengetahuan di representasikan ke dalam bentuk fakta dan aturan. Bentuk representasi ini terdiri dari premis dan kesimpulan.
  2. Frame base knowledge -> Pengetahuan di representasikan ke dalam bentuk hirarki atau jaringan frame
  3. Object base knowledge -> Pengetahuan yang di representasikan sebagai jaringan dari objek-objek. Objek merupakan elemen data yang terdiri dari data dan metode (proses)
  4. Case base reasoning -> Pengetahuan yang di representasikan kedalam bentuk kasus (cases)

0 Response to "Sistem Pakar: Modul Penyusunan Sistem Pakar dan Teknik Representasi Pengetahuan "

Post a Comment